Notification

×

iklan dekstop

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

AJI Bireuen Kecam Atas Terjadinya Dugaan Ancaman Terhadap Jurnalis

Jumat, 11 November 2022 | 15.35 WIB Last Updated 2022-11-11T08:35:13Z



BerawangNews.com, Bireuen - Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Kota Bireuen mengecam terjadinya dugaan ancaman bunuh terhadap Jurnalisa, jurnalis Rakyat Aceh di rumahnya sendiri, Kamis (10/11/2022), usai memberitakan kasus sebuah proyek di Aceh Tengah.

Divisi Advokasi AJI Bireuen, Iwan Bahagia, ancaman pembunuhan terhadap wartawan merupakan tindakan yang mencederai kebebasan pers yang bekerja untuk kepentingan publik.

“Tindakan ancam bunuh tersebut kami nilai tindakan yang menganggu kerja-kerja jurnalistik. Hal itu bertentangan dengan Undang-Undang Nomor 40 Tahun 1999 tentang Pers,” kata Iwan dalam keterangan tertulis, usai dilakukan aksi solidaritas di depan Polres Aceh Tengah, Jumat (11/11/2022).

Untuk itu sebut Iwan, kepentingan publik seharusnya mendapatkan perlindungan dan rasa aman dalam melakukan tugas meliput.

Ancaman tersebut lanjut mantan aktivis mahasiswa itu, merupakan bentuk pelanggaran UU Pers, oleh sebab itu, pelaku bisa dikenakan pasal pengancaman dalam KUHP.

“Tindakan ini merupakan hal yang berbahaya bagi kehidupan berdemokrasi, apalagi ancaman dilakukan di depan anak istri," sebut Iwan.

AJI Bireuen mendesak agar Kapolres Aceh Tengah dapat mengusut kasus tersebut, sebab, Pasal 368 KUHP terkait perampasan/pengancaman," ungkap Iwan.

Selain itu, Ia menghimbau agar setiap warga menghormati kebebasan pers dengan menggunakan hak jawab dan koreksi apabila merasa dirugikan karena pemberitaan, sebagaimana tercantum dalam Pasal 1 poin 11 UU Pers Nomor 40 Tahun 1999.

AJI Bireuen mengimbau agar semua pihak di Aceh Tengah khususnya, untuk menghormati aktivitas jurnalistik yang berlangsung di tengah masyarakat.

Ia pun meminta agar kantor media tempat Jurnalisa bekerja, menjamin dan memantau keselamatan jurnalis yang meliput kasus ini, sebab terkait dengan keselamatan diri dan keluarga.

(Juan)