Notification

×

iklan dekstop

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Mahasiswa KKN 137 Kunjungi Petambak Sukses Desa Paloh Lada

Rabu, 03 November 2021 | 22.09 WIB Last Updated 2021-11-03T15:09:14Z



BerawangNews.com, Aceh Utara - Mahasiswa/i Kuliah Kerja Nyata (KKN) PPM Universitas Malikussaleh kelompok 137 mulai melaksanakan program kerjanya dengan memberi pakan udang disalah satu tambak udang yang berada di Dusun Gle Madat Gampong Paloh Lada Kecamatan Dewantara Kabupaten Aceh Utara Rabu beberapa waktu lalu.

Pelaksanaan kegiatan pemberian pakan udang tersebut dilakukan oleh Irfan Maulana selaku Ketua Kelompok dari Prodi Akuntansi, Lailaturrahma Dewi, Ina Rahayu, Indah Mardiati dari Prodi Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi, Qaulan Maisura, Sahara, Indah Permata Sari dari Jurusan Teknik Industri, Singgih Pamungkas dari Jurusan Teknik Mesin, Muhammad Ismail dari Jurusan Teknik Sipil Fakultas Teknik, dan Wahyuniara dari Prodi Aquakultur Fakultas Pertanian.

Mahasiswa/i KKN kelompok 137 ini dibimbing oleh dosen Pembimbing Lapangan (DPL) Jumadi Rusli, ST,.MT.

Program kerja pemberian pakan udang ini diaawali dengan medatangi tambak udang dan mendapatkan pengarahan bagaimana cara pemberian pakan udang yang baik dan benar, juga memperkenalkan pakan udang dan vitamin apa saja yang diberikan setiap kali pemberian pakan.

Kegiatan ini akan rutin dilaksanakan 1 kali dalam seminggu tepatnya pada hari rabu disalah satu tambak udang yang berada pada Dusun Gle Madat Gampong Paloh Lada Kecamatan Dewantara Kabupaten Aceh Utara.

Mahasiswa juga memberikan sosialisasi kepada penjaga tambak agar saat pemberian pakan udang lebih di perhatikan lagi kebersihannya karena akan sangat berpengaruh terhadap kelangsungan hidup udang, apabila pakan yang diberikan terkontaminasi bakteri dari tangan pembudidaya udang akan terserang penyakit dan ditingkat kematian pada udang menjadi lebih banyak sehingga menimbulkan kerugian bagi pembudidaya udang.

Harapan kedepannya bagi petambak udang yang ada di desa paloh lada agar dapat menerapkan sistem intensif (Tambak modern) dalam berbudidaya karena lebih menguntungkan, padat tebar tinggi dan udang tidak mudah terserang penyakit.

Kegiatan pemberian pakan udang ini dilakukan dengan menyenangkan dikarenakan mahasiswa dapat memberikan pakan secara langsung serta dapat melihat langsung morfologi pada udang vannamei. Kegiatan pemberian pakan udang ini juga mendapatkan antusias dari pemilik tambak udang dan mahasiswa diterima dengan baik.

(Juan)