Notification

×

iklan dekstop

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Melalui Program Outbound MIN 13 Bener Meriah Latih Kesiapan Peserta Didik Hadapi Tantangan Dan Kenalkan Lingkungan

Sabtu, 20 Februari 2021 | 11.32 WIB Last Updated 2021-02-20T04:32:25Z



BerawangNews.com, Redelong - Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 13 Bener Meriah dulunya MIN Kota Makmur yang terletak di Desa Bathin Baru Kecamatan Bandar Kabupaten Bener Meriah, kembali melaksanakan program unggulan melalui kegiatan outbound, untuk melatih kesiapan peserta didik menghadapai tantangan sekaligus memperkenalkan lingkungan, sehingga peserta didik memiliki sience of belonging pada alam dan sekitanya. Kegiatan tersebut dilakukan di lembah pentago Kampung Blang Tampu Kecamatan Bukit, Sabtu (20/02/2021)

Koordinator outboud Sri Rahayu, S. Pd disela-sela kesibukannya mengurus kegiatan outboud menyampaikan, outbound suatu bentuk pembelajaran dengan berbagai ilmu terapan yang disimulasikan dan dilakukan, baik di alam terbuka maupun tertutup bentuk permainan yang efektif, yang menggabungkan antara intelegensia, fisik dan mental.

Program unggulan dalam bentuk kegiatan outbound ini dilakukan MIN 13 sebagai suatu upaya pendidikan untuk mengembangkan kepercayaan diri, melatih keberanian dan daya kretifitas peserta didik dengan belajar melalui game pada alam terbuka, jelas Sri Rahayu.

Lebih lanjut Sri Rahayu menyampaikan, dalam kegiatan outbound saat ini dilakukan melalui game yang dapat mengasah otak dan melatih kekompakan sesama peserta didik, disamping itu juga memperkenalkan pepohonan yang ada di sekita wilayah Pentagon Blang Tampu yang dikaitkan dengan pengetahuan agama melalui kegiatan cerdas cermat.

Sri Rahayu, S. Pd menambahkan, peserta didik yang mengikuti kegiatan outbound dibatasi hanya kelas 4, 5 dan kelas 6, karena materi pembelajaran pada kegiatan outbound saat ini hanya untuk 3 kelas tersebut. Insha Allah bila ada kesempatan untuk kelas 1-3 juga akan diadakan

Armansyah, S. Pd. I guru yang ikut mendampingi kegiatan outbound juga mengatakan, kegiatan ini sebagai pembelajaran melalui alam, untuk melatih mental dan menempa kepribadian peserta didik yang dirangkum dengan kegiatan seni sebut pembina seni MIN 13 itu

Demikian juga koordinator program seni MIN 13 Sariyyah, S. P.d. I menyampaikan, kegiatan ini merupakan pembelajaran untuk menempa mental dan jiwa seni peserta didik, pembelajaran tidak selalu musti dalam kelas

Berkaitan dengan lokasi Sariyyah menambahkan, ternyata tempatnya indah sangat sesuai untuk membangkitkan jiwa seni peserta didik

Pada kesempatan yang sama, Kepala MIN 13 Bener Meriah Lasma Farida S. Ag mengatakan, sebenarnya kegiatan outbound ini merupakan ilmu pembelajaran inovatif yang ditemukan oleh Dr. Kurt Hant seorang cendikiawan berkebangsaan Jerman yang sampai saat ini terus berkembang dan ide terapan pendidikan inovatif outbound Kurt Hant terus dilakukan. Semua kegiatan outbound di sesuaikan dengan kebutuhan untuk tujuan dan target yang akan dicapai.

Lasma Farida S. Ag menambahkan kegiatan outbound ini sangat besar manfaatnya karena membangkitkan rasa percaya diri, melatih keberanian dan daya kretifitas peserta didik, melatih kekompakan sesama peserta didik, menjalin silahturahmi, melepas penat atau kejenuhan rutinitas belajar di kelas melalui belajar di alam terbuka

Lebih lanjut Lasma Farida yang baru sebulan menjabat Kepala MIN 13 itu mengatakan dalam kegiatan outbound ini peserta didik akan mendapatkan ilmu dan materi pembelajaran yang disisipkan melalui permainan yang mampu mengasah otak.

Sejalan dengan itu kegiatan outbound diarahkan agar peserta didik lebih mengenal dan mencintai lingkungan, membangun rasa percaya diri anak disamping melakukan analisis tentang kemampuan peserta didik untuk keperluan manajemen dan penataan diri peserta didik ujar Lasma merincikan.

Terkait dengan proses awal perencanaan sampai terselenggaranya kegiatan outbound ini seluruhnya dikoordinir oleh Ibu Sri Rahayu, S. Pd dan bekerjasama dengan seluruh guru MIN 13, untuk itu sebagai Kepala saya ucapkan terima kasih atas kekompakan semua guru yang telah berpartisipasi dalam kegiatan ini, terutama kepada Ibu Sri Rahayu, S. Pd sebagai koordinator program outbound. Saya akan selalu siap menerima jadwal pelaksanaan program lainya dari masing-masing koordinator pungkas Lasma Farida.

(JB)