Notification

×

iklan dekstop

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Kapten Inf. Yanti Murdiani Temani Kadis Kominfo Bener Meriah Keliling Meseum Pusat TNI AD

Rabu, 18 Mei 2022 | 20.20 WIB Last Updated 2022-05-18T13:20:18Z



BerawangNews.com, Yogyakarta – Disela – sela mengikuti kegiatan Program Digital Talent Scholarship (DTS) yang digelar Kemenkominfo RI, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Bener Meriah Ilham Abdi, S.TP, M.A.P juga mendapat kehormatan untuk berkeliling musem Pusat TNI AD, yakni Museum Dharma Wiratama yang terletak di Jl. Jenderal Sudirman No. 75 Gondokusuman, Yogyakarta, ditemani langsung oleh Kepala Museum Kapten Inf. Yanti Murdiani untuk melihat barang-barang bersejarah yang dikumpulkan dari setiap Kodam.

“Alhamdulillah, saya selaku Kadis Kominfo Kabupaten Bener Meriah mendapat kehormatan untuk berkeliling Museum Dharma Wiratama yang di pimpin oleh Kapten Inf. Yanti Murdiani, untuk melihat barang-barang bersejarah milik TNI AD yang dikumpulkan dari setiap Kodam, termasuk benda pusaka bersejarah perangkat transmisi Radio Rimba Raya,” demikian disampaikan oleh Ilham Abdi, S.STP, M.A.P, Rabu, (18/05/2022)

Dijelaskan oleh Kadis Kominfo Kabupaten Bener Meriah Ilham Abdi, S.STP, M.A.P, seperti yang dikisahkan oleh Kepala Museum Ibu Kapten Inf. Yanti, bahwa Museum ini dimiliki oleh TNI Angkatan Darat yang merekam kisah sejarah dan perjuangan Republik Indonesia, baik sebelum maupun sesudah Indonesia ini merdeka, yang juga merupakan Markas Besar (Mabes) TNI Pertama di Indonesia yang ditempati Panglima Besar Jenderal Sudirman, ujarnya.

Masih menurut Kapten Inf. Yanti Murdiani, kata Kadis Kominfo, sampai sekarang ini, Museum TNI AD ini sudah memiliki koleksi sebanyak 4.258 buah berbagai jenis persenjataan, surat-surat dan pakaian para pejuang, dan benda bersejarah lainnya, termasuk bukti sejarah perangakat siaran Radio Rimba Raya, paparnya.

Khusus mengenai Radio Perjuangan Rimba Raya yang menyiarkan penggalan kalimat yang berbunyi :

Republik Indonesia masih ada,
karena pemimpin Republik masih ada,
Tentara Republik masih ada,
Pemerintah Republik masih ada,
wilayah republik masih ada,
dan disini adalah Aceh.


Kira – kira itulah penggalan kalimat yang disiarkan saat agresi militer Belanda Ke - II Tahun 1949 dengan menggunakan Radio Rimba Raya yang saat ini dimeseumkan di Museum Pusat TNI Angkatan Darat Dharma Wiratama Yogakarta, tamba Kadis Kominfo.

“Bagi Kabupaten Bener Meriah bahkan Indonesia, Radio Rimba Raya ini sangat memiliki nilai sejarah dan kebanggaan yang luar biasa, yang sekarang ini di abadikan dalam bentuk tugu yang dikenal dengan Tugu Radio Rimba Raya yang terletak di Kampung (desa) Rime Raya Kecamatan Pintu Rime Gayo, Kabupaten Bener Meriah”.

Terakhir Kadis Kominfo juga menyampaikan ucapan terimakasih kepada Kepala Museum Dharma Wiratama, Yogyakarta.

“Pemkab Bener Meriah melalui Dinas Komunikasi dan Informatika mengucapkan terima kasih kepada TNI AD khususnya kepada Kepala Museum Museum Dharma Wiratama beserta staf atas sambutan hangat yang diberikan, sekali terimakasih,” tutup Kadis Kominfo Kabupaten Bener Meriah Ilham Abdi, S.STP, M.A.P.

(Juan)