Notification

×

iklan dekstop

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Maraknya Penggunaan "Slang" Korea Oleh Remaja Indonesia

Rabu, 19 Januari 2022 | 20.31 WIB Last Updated 2022-01-19T13:31:24Z



Oleh : Nikmah rizki
Mahasiswa IAIN Takengon

Bahasa sebagai wadah bersosialisasi memungkinkan adanya perbedaan dalam setiap penggunaannya. Perbedaan ini dapat kita lihat dari ragam dan jenis atau ragam bahasanya.

Hal ini terjadi karena manusia sebagai penutur bahasa adalah makhluk sosial yang saling berkomunikasi.

bahasa gaul adalah ragam bahasa tidak resmi atau tidak baku yang sifatnya tidak menentu yang digunakan oleh kelompok sosial, baik remaja, anak-anak maupun orang dewasa, dengan maksud agar mereka yang bukan anggota kelompok tersebut tidak mengerti.

Bahasa gaul merupakan salah satu variasi bahasa pergaulan dimana variasi bahasa pergaulan ini terdiri dari Acrolect, Basilek, Coloquial, Jargon, Argot, Ken, dan Slang.

Variasi bahasa disebabkan oleh adanya kegiatan interaksi sosial yang dilakukan oleh masyarakat atau kelompok yang sangat beragam dan disebabkan oleh penuturnya.

Di Indonesia, anak muda sekarang semakin banyak pecinta drama Korea, drama yang berasal dari negeri ginseng korea ini cukup populer dikalangan remaja khususnya anak perempuan, hampir 70% remaja putri indonesia sangat menyukai film yang satu ini.

Para pecinta drama Korea muda ini semakin terpengaruh dengan budaya dan bahasa tanah air, bahkan tidak sedikit yang meniru kehidupan orang Korea.mengingat saat ini sudah banyak penyanyi dan aktor korea yang merambah film internasional.

Tak hanya itu, banyak remaja Indonesia kini senang menggunakan ungkapan bahasa Korea, bahkan dalam kehidupan sehari-hari. Hal ini terjadi karena mereka sudah terobsesi dengan budaya Korea dan ingin menunjukkan sesuatu yang berbeda dari identitas mereka.

Adapun ungkapan yang sangat populer di kalangan remaja Indonesia seperti:

1. "Daebak"

Daebak, jadi daebak ini adalah ungkapan atau kata dalam bahasa Korea yang artinya “keren” kata ini sering digunakan untuk menunjukkan kekaguman dan kebesaran seseorang atau hal yang sedang terjadi, misalnya seperti :

."daebak, maudi Ayunda adalah aktris dan wanita yang cerdas".

2. "Aigoo" aigoo, kata aigoo juga sangat populer di kalangan remaja indonesia, kata aigoo merupakan kata yang berasal dari bahasa korea yang artinya ucapan yang di gunakan ketika terjadi sesuatu yang tidak sesuai harapan dalam bahasa indonesia sering kita sebut dengan kata "aduh".

3. "Eotteoke" Eotteoke, kata terakhir yang paling sering diucapkan oleh remaja indonesia dalam bahasa gaul korea adalah eotteoke, kata ini berasal dari bahasa korea yang artinya "bagaimana ini" kata ini diucapkan saat sedang cemas dan kaget jika ada sesuatu yang terjadi diluar dari kontrol.Masih banyak kata-kata slang Korea yang sering digunakan untuk bahasa gaul remaja di Indonesia, namun yang paling sering digunakan adalah kata-kata yang sudah saya uraikan, bahkan bahasa gaul Korea tidak hanya sampai pada pengucapannya saja.mengakhiri pesan atau membuat konten di media sosial, bahkan remaja Indonesia pun menggunakan kata tersebut.

Di satu sisi, saya mendukung ini karena ini bisa menjadi wadah bagi para remaja untuk menunjukkan jati dirinya, namun kita sebagai warga negara Indonesia harus mengutamakan bahasa kita, kita memiliki ragam bahasa dan budaya, yang harus kita sebagai generasi muda jaga dan lestarikan, agar. bahasa ibu pertiwi kita tidak runtuh, lebih baik menjaga bahasa kita sendiri daripada merawat budaya orang lain, kita anak muda indonesia, kita remaja indonesia, kita tunas negara ini, kita pemimpin negara ini di masa depan, kita adalah warga negara Indonesia yang menjunjung tinggi bahasa Indonesia.