Notification

×

iklan dekstop

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Demi Kualitas Diri Promovendus Doktor AKP Syabirin S.H.,M.Si Tempuh Pendidikan Sampai S-3

Selasa, 29 Juni 2021 | 21.09 WIB Last Updated 2021-06-29T14:11:56Z

AKP. Syabirin S.H.,M.Si

Demi menjaga kualitas diri dan menjadi seorang kesatria yang bertugas sebagai penegak keamanan, penegak keadilan dan pemimpin masyarakat, AKP. Syabirin S.H.,M.Si terus menambah ilmu pengetahuan sampai ke jenjang paling tinggi yaitu program Doktor (S3) dalam dunia akademik, hal ini pantas untuk dibanggakan dan perlu untuk dicontoh terutama kalangan melinial yang intelektual.

Masyarakat Bener Meriah umumnya dan kalangan intelektual khususnya perlu berbangga hati dengan sosok AKP. Syabirin S.H.,M.Si, pasalnya putra asli Bener Meriah tersebut selain sebagai seorang polisi dengan pangkat Ajun Komisaris ia juga sebagai intelektual dan pegiat literasi yang saat ini sedang menjabat sebagai Kabag OPS yang sebelumnya menjabat Kasat Lantas Polres Bener Meriah itu sangat peduli kepada masyarakat terutama dengan dunia pendidikan.

AKP. Syabirin S.H.,M.Si lahir di Lampahan 31 Agustus 1971 dari pasangan ayah M. Adam Aman Ati Lampahan (pemain bola PNP dan Club Belalang) dengan ibu Maryam Inen Ati yang berasal dari Tunyang. Berdasarkan ayah dan ibunya serta tempat tinggal AKP. Syabirin S.H.,M.Si jelas sebagai orang Gayo Bener Meriah Asli. Hanya karena pendidikan dan tugaslah yang membuat AKP. Syabirin S.H.,M.Si berdomisili di luar Bener Meriah dulunya, namun sejak bertugas menjadi Kasat Lantas Polres Bener Meriah tahun 2019 AKP. Syabirin S.H.,M.Si telah kembali menetap di Bener Meriah sampai saat ini

Sejak belia AKP. Syabirin S.H.,M.Si telah menunjukan kecintaanya terhadap ilmu pengetahuan, hal itu terlihat dari pendidikan yang digelutinya melalui jalur umum sampai kepada tingkat paling tinggi (S3) maupun pendidikan di kepolisian sebagai tempat mengabdi dan berkarir.

Pendidikan Umum

Promovendus Doktor itu mengawali pendidikan pada jalur umum di SD Negeri 1 tahun 1985 dan SMP tahun 1988 kedua pendidikan tersebut diikuti AKP Syabirin di Kampung halamannya Lampahan. Kemudian pada tingkat Sekolah Menengah Atas AKP Syabirin S.H.,M.Si ingin mengembangkan pengetahuan lebih luas sehingga pendidikan dilanjutkan pada Sekolah Teknik Menengah (STM) di Bireuen.

Gelar Sarjana Hukum (SH) S1 diraihnya dari Universitas Muhammadyah Banda Aceh dengan Jurusan Ilmu Hukum tahun 2001. Kendati telah menjadi seorang sarjana AKP Syabirin terus mendalami ilmu pengetahuan dengan menambah Gelar Magister sains (M.Si.) yang diperoleh dari Pascasarjana (S2) Unida Banda Aceh tahun 2017.

Merasa masih belum cukup dengan S1 dan S2 Suami Dahrina M, S. Ag, M. Pd yang saat ini menjabat Kepala MIN 11 Banda Aceh itu kembali untuk melanjutkan pendidikan Program Doktor (S3) dan memilih Universitas Merdeka (Unimer) Malang sebagai tempat pendidikan dan saat ini telah memasuki tahap proses penyelesaian.

Pendidikan di Kepolisian

Pendidikan yang diikuti dalam kepolisian sebagai tempat pengabdian AKP Syabirin S.H.,M.Si yang akrab disapa dalam masyarakat Gayo dengan panggilan Aman Odan itu berawal dari Seba Polri di Sekolah Polisi Nasional (SPN) Seulawah Aceh tahun 1994 dan pada tahun 2006 kembali mengikuti pendidikan Secapa Polri di Sukabumi Jawa Barat.

Pendidikan Kejuruan

Selain pendidikan umum di Perguruan Tinggi dan Kepolisian AKP Syabirin S.H.,M.Si juga pernah mengikuti pendidikan kejuruan dan latihan, yaitu
  • Dikbang SPECS Jabatan Kasat Lantas Serpong Tanggerang, jakarta tahun 2007
  • Dikbang SPECS Humas lanjutan sespimma Ciputat Jakarta selatan tahun 2012
  • Dikjur Pa Idik Laka Pusdik Reserse Mega Mendung, Bogor jawa barat tahun 2017
Melihat pendidikan yang telah ditempuh ayah dari Syaddan Syabirin yang juga seorang Polisi dan saat ini telah bertugas di Polda Aceh itu, wajar dan pantas menjadi ikutan serta panutan khususnya dalam pendidikan. Sebab ternyata bukan hanya ia sendiri yang kuliah sampai S3, tetapi isterinya Dahrina M, S. Ag, M. Pd (Kepala MIN 11 Banda Aceh) juga sedang menempuh pendidikan Program Doktor S3 di Universitas Islam Negeri Ar-Raniry (UINAR) Banda Aceh.

AKP. Syabirin S.H.,M.Si Bersama Keluarga

Demikian juga dengan pendidikan putra putrinya, Syaddan Syabirin sebagai anak sulung yang kini telah berhasil menjadi seorang polisi juga tercatat sebagai mahasiswa semester 6 di Unida Banda Aceh jurusan hukum keluarga dengan IPK 3.30. Anak kedua yang bernama Syabilla Mah Bengi sedang menempuh pendidikan di SMU Fajar Harapan Banda Aceh kelas XI MIPA 5 dan pernah menjadi duta Olompiade Matematika serta sebagai juara 2 Duta Pelajar Kamtibmas se Kota Banda Aceh yang saat ini aktif sebagai anggota marching band. Sulthan PS juga menempuh pendidikan di Pasantren Al-Manar Banda Aceh serta sibungsu Syauqina Izzati Syabirin tahun ini memasuki Madrasah Ibtidaiyah Terpadu (MIT) Al. Jannah Banda Aceh khusus Tahfizul Qur'an.

Obsesi AKP Syabirin S.H.,M.Si yang juga menantu dari Bapak. Alm. Mude Etjek (mantan pegawai Kemenag dan anggota MPU Aceh Tengah) dan ibu mertua Bainar Effendi (Guru MIN 4 Bebesen dan MTsN 2 ujung Temetas) kelahiran Kebayakan yang berdomisili di Bathin Bawah Bener Meriah dalam menempuh pendidikan sampai kepada program Doktor S3 adalah sebagai upaya untuk menambah dan memperkuat kualitas diri, mampu menata hidup sehingga dapat memahmi seluk-beluk pengetahuan dan mampu menyelesaikan permasalahan yang terjadi dalam masyarakat maupun pemerintahan.

Sebab perantaran pemahaman dan kualitas diri tersebut seseorang akan dapat menempatkan dirinya, berbuat lebih banyak untuk membatu kemaslahatan dan kepentingan masyarakat serta mampu menjadi manjerial dalam posisi apapun termasuk menjadi pemimpin terutama pemimpin bagi dirinya dan keluarga.

Pelatihan
  • Seresehan Nasional 1 Mabes Polri Jakarta tahun 2007
  • Manajemen Transportasi Serpong Tanggerang Jakarta tahun 2007
  • Dikmas Lantas Cibubur Jakarta tahun 2010
  • Workshop Manajemen Keselamatan Hotel Grand Nanggroe Banda Aceh tahun 2011
  • CIO (Chief Information Officer) Sultan Hotel Banda Aceh tahun 2013
Karir Kepangkatan

Pangkat Ajun Komisaris Polisi (AKP) bukan serta merta disematkan kepada Syabirin, tetapi penuh perjuangan dan prestasi untuk mendapatkannya, demikian juga dengan gelar akademik Sarjana Hukum (S.H) dan Megister Sain (M.Si), diperoleh dengan liku-liku antara tugas sebagai kepala keluarga, kepolisian maupun mengikuti kuliah dengan berbagai tugas yang diberikan dosenyang harus diselesaikan.

Tetapi semua itu dilalui AKP Syabirin S.H.,M.Si dengan penuh ketekunan dan kesabaran, sehingga membawa hasil gemilang dan dalam waktu dekat akan bertambah gelar Doktor di awal namanya. Akibat prestasi yang diperoleh dari kampus tempat kuliah sehingga AKP Syabirin S.H.,M.Si dipercaya menjadi dosen di UNIDA dan Akademi Maritim Banda Aceh

Kepangkatan AKP Syabirin S.H.,M.Si dalam kepolisian berawal dari SERDA tahun 1994, SERTU tahun 1998, BRIGADIR tahun 2001, BRIPKA tahun 2006, IPDA tahun 2006, IPTU tahun 2010 7 dan AKP tahun 2013.

Karir Jabatan di Kepolisian

Sekurangnya ada 12 jabatan yang pernah diemban AKP Syabirin S.H.,M.Si dalam kepolisian yaitu, Secapa Polri Sukabumi Jabar tahun 2006, Kanit PJR. Dit. Lantas Polda NAD tahun 2006, Pamin PJR. Dit. Lantas Polda NAD tahun 2007, Kasat Lantas Polres Nagan Raya tahun 2007, Kanit PJR. Dit. Lantas Polda NAD tahun 2009, Pamin Sat. PJR Dit. Lantas Polda NAD tahun 2009, Kasat Lantas Polres Aceh Selatan tahun 2010, Paur Pullahinfodok Bid. Humas Polda Aceh tahun 2012, Kapolsek Peukan Bada Polresta Banda Aceh tahun 2013, Wakasat Lantas Polresta Banda Aceh tahun 2015, Kasat Lantas Polres Bener Meriah tahun 2019 dan Kabag OPS Polres Bener Meriah sejak tahun 2020 sampai saat ini.

Karir Jabatan di Luar Kepolisian

Disamping jabatan dalam dinas kepolisian, ternyata AKP Syabirin S.H.,M.Si juga pernah dipercaya memegang beberapa jabatan diluar kepolisian yaitu Wakil asrama polisi Pacut Baren tahun 2002, Kadus Diwai Makam Lambaro Skep Banda Aceh tahun 2009, Sekretaris KNA Aceh Tengah dan Bener Meriah tahun 2012, Ketua II KNA Aceh Tengah dan Bener Meriah tahun 2013, Penasehat KNA Aceh Tengah dan Bener Meriah tahun 2014, Ketua Bola Muspika Peukan Bada Aceh Besar tahun 2014, Wakil Ketua II Persiraja tahun 2016, Ketua Pelopor Keselamatan Lalu Lintas tahun 2016, Ketua Paguyuban TNI-POLRI Sat Pol PP Aceh Tengah-Bener Meriah tahun 2017, Ketua Keamanan Asrama Aceh Tengah Banda Aceh tahun 2017, Ketua Alumni S2 Unida Banda Aceh tahun 2018, Dosen Unida Banda Aceh tahun 2018, Dosen Akademi Maritim NAD tahun 2018, Penasehat Kijang Kitoga Bener Meriah tahun 2019, Pembina AFK Futsal Bener Meriah tahun 2020 dan Ketua Keamanan Hutan Lindung Bener Meriah tahun 2020

Berdasarkan silsilah keluarga AKP Syabirin S.H.,M.Si sendiri maupun dari pihak isteri adalah asli masyarakat Bener Meriah, demikian juga dari segi pendidikan semuanya kelurga dalam lingkup pendidikan termasuk keluarga mertua. Adapun pangkat dan jabatan yang disandang adalah berkat hasil kegigihan dan kesabaran yang dilakukan selama ini.

Dapat dikatakan bahwa AKP Syabirin S.H.,M.Si merupakan sosok yang sangat gigih dan sabar dalam menuntut ilmu, memiliki jiwa kepemimpinan yang mampu mengayomi dan memperjuangkan kepentingan masyarakat serta memiliki jiwa patriot untuk membela kebenaran, pantas dicontoh dan ditiru serta dapat dijadikan panutan terutama bagi kalangan melinial yang intelektual.