Notification

×

iklan dekstop

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

MIN 13 Jalin Kerjasama Dengan Dinas Arpus Bener Meriah

Rabu, 03 Februari 2021 | 10.51 WIB Last Updated 2021-02-03T03:51:29Z



BerawangNews.com, Redelong - Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 13 Bener Meriah yang terletak di Desa Bathin Baru Kecamatan Bandar melakukan kerjasama dengan Dinas Arsip dan Perpustakaan (Arpus) Kabupaten Bener Meriah untuk meningkatkan minat baca di Madrasah tersebut, kerjasama dimaksudkan dalam bentuk peminjaman buku oleh MIN 13 dari Dinas Arpus, Selasa Kemarin (02/02/2021)

Kepala MIN 13 Bener Meriah Lasma Farida, S. Ag menyampaikan, kerjasama dalam bentuk peminjaman buku ini dilakukan untuk mendekatkan buku kepada peserta didik sebab perpustakaan terlalu jauh dan peserta didik madrasah kami masih kecil-kecil sehingga tidak memungkinkan mengunjungi Dinas Arpus, oleh sebab itu kami berinisiatif meminjam buku dari Dinas Arpus tersebut

Lebih lanjut Lasma Farida menuturkan, peminjaman buku dilakukan karena di perpustakaan MIN 13 buku tersedia adalah buku-buku cerita yang sudah lama jumlahnya juga sedikit dan buku-buku pelajaran, kondisi ini menimbulkan kebosanan bagi peserta didik membaca, untuk itu perlu penambahan koleksi buku yang disukai dan digemari peserta didik ungkap mahasiswa S2 IAIN Lhokseumawe itu.

Penambahan koleksi buku dengan cara dibeli juga tidak memungkinkan, mengingat finansial pendidikan MIN 13 sangat minim, maka berdasarkan hasil musyawarah dengan Dewan Guru, terutama dengan Kurikulum Dra. Rahmani, Humas M. Jais dan Ketua Literasi Sri Rahayu, S. Pd dalam rangka penambahan koleksi buku dimaksudkan dan untuk menumbuhkan semangat gemar membaca dalam rangka membentuk Madrasah berbasis literasi produktif perlu dilakukan peminjaman buku kepada Dinas Arpus tandas ibu 3 anak tersebut

Buku-buku yang dipinjam saat ini sejumlah 300 examplar dengan berbagai judul, buku-buku yang akan dipinjam dilakukan seleksi sesuai dengan bacaan usia peserta didik terlebih dahulu, sehingga buku tersebut benar-benar dapat dimanfaatkan dan disukai peserta didik jelas pemilik nama pena Inen Melani itu

Secara pribadi dan atas nama Kepala MIN 13 kami ucapkan terima kasih kepada Dinas Arpus Bener Meriah atas kerjasama ini, semoga pinjam pakai buku bisa menambah wawasan pengetahuan generasi penerus bangsa khususnya MIN 13 Bener Meriah. Mengingat buku bukan hanya sekedar untuk dibaca, dilihat gambar maupun warnanya tetapi harus bisa diambil hikmah serta informasi yang bermanfaat untuk diterapkan dalam kehidupan sehari (berliterasi) pungkas Lasma Farida yang belum sampai sebulan menjabat sebagai kepala sekolah.

Sementara Yusran AR, S. Pd.I, pustakawan Dinas Arpus tersebut menuturkan peminjaman buku dalam bentuk kerjasama tahun ini baru dilakukan MIN 13 yang pertama, buku yang dipinjam juga tidak sedikit (300 examplar) dengan berbagai judul dan jenis sesuai selera peserta didik. Selaku pustakawan kami merasa senang atas kerjasama ini karena peminat atau pembaca buku di Bener Meriah semakin bertambah.

Yusran menambahkan, semoga sekolah/madrasah lain juga dapat melakukan peminjaman buku dalam bentuk kerjasama seperti yang dilakukan MIN 13 ini, sebab pustaka keliling juga sangat terbatas sehingga tidak memungkinkan mengunjungi seluruh sekolah di Bener Meriah yang tersebar dalam wilayah berjauhan.

Tetapi melalui kerjasama peminjaman buku oleh sekolah/madrasah buku akan sampai pada tangan peserta didik dan secara tidak langsung telah menimbulkan kecintaan peserta didik terhadap literasi. Mendekatkan buku kepada peserta didik sama artinya mengajak mereka untuk membuka jendela dunia pungkas Yusran.

(Raihan)