Notification

×

iklan dekstop

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

MIN 13 Bener Meriah Madrasah Pertama Undang MPD Dalam Revitalisasi dan Penguatan Kapasitas Komite Madrasah Serta Sosialisasi TPMPS

Jumat, 19 Februari 2021 | 15.40 WIB Last Updated 2021-02-19T08:40:00Z


BerawangNews.com, Redelong- Lasma Farida, S. Ag Kepala Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 13 Bener Meriah yang terletak di Desa Bathin Baru Kecamatan Bandar yang dulunya bernama MIN Kota Makmur mengundang Majelis Pendidikan Daerah (MPD) Kabupaten Bener Meriah dalam rangka revitalisasi, dan penguatan kapasitas Komite madrasah serta sosialisasi tentang Tim Penjaminan Mutu Pendidikan Sekolah (TPMPS) sebagai Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) di Madrasah tersebut, Jum’at 19/02/2021.

Dalam sambutanya Kepala MIN 13 Lasma Farida mengatakan, acara hari ini telah direncanakan sejak seminggu kami diantar tugaskan di madrasah ini. Program ini muncul ketika melihat kondisi ril pengurus komite yang hanya ada 3 orang, sehingga tidak memenuhi ketentuan Peraturan Menteri Agama (PMA) Nomor 16 tahun 2020 tentang komite madrasah, oleh sebab itu kami sengaja mengundang MPD Bener Meriah untuk memberi pencerahan dan memudahkan dalam menjalankan tugas mencerdaskan anak bangsa, kata penulis Novel Cut Nyak Lahore itu

Lebih lanjut Lasma Farida menyampaikan, agar semua guru dan orang tua/wali murid dapat mengetahui peran, fungsi dan tugas komite madrasah makanya kami sengaja mendatangkan 2 pemateri dari MPD, ibu Yuyun Wahyuni, bapak Sadikin dan Turham AG, S. Ag, M.Pd (Dosen IAIN Takengon) yang tidak asing lagi dikalangan sekolah/madrasah sebagai pemateri, fasilitator dalam pemilihan dan revitalisasi komite sekolah maupun madrasah serta sering melakukan sosialisasi tentang TPMPS ke sekolah dan madrasah.

Atas kehadiran MPD dan pemateri kami ucapkan terima kasih atas arahan, bimbingan dan ilmu yang telah diberikan sehingga MIN 13 terus melakukan inovasi dan upaya peningkatan mutu serta kualitas pendidikan dan melengkapi pengurus komite, pungkas Lasma Farida.

Reje Kampung Bathin Baru Muzakir Walad yang seharusnya hadir dalam acara revitalisasi dan penguatan kapasitas komite serta sosialisasi Tim Penjaminan Mutu Pendidikan (TPMPS) tersebut, namun secara tiba-tiba harus menghadiri rapat di Kantor Camat Bandar. Sehingga sambutan disampaikan oleh Kepala Dusun Zuhri, beliau menyampaikan terima kasih atas kehadiran Bapak MPD dan rombongan yang telah sudi meluangkan waktu untuk berhadir dan memberikan wawasan dan kesempatan kepada kami khususnya MIN 13 Bener Meriah

Sementara Ketua MPD Bener Meriah Drs. Tsurayya menyampaikan bahwa komite madrasah adalah mitra kerja MPD, untuk itu sudah menjadi kewajiban kami bila ada sekolah/madrasah yang mengundang maka kami harus siap untuk memberi penjelasan tentang peran, fungsi dan tugas komite dalam memajukan madrasah.

Drs. Tsurayya menambahkan, sekolah pada jajaran Dinas Pendidikan Kabupaten Bener Meriah disemua tingkatan hampir seluruhnya telah mengundang MPD dan sudah kami kunjungi untuk memberikan penjelasan baik tentang komite maupun TPMPS dan SPMI serta masalah lainya dalam rangka meningkatkan mutu dan kualitas pendidikan.

Namun dilingkungan Kementerian Agama (Kemenag) Bener Meriah kami melihat baru MIN 13 ini yang satu-satunya madrasah yang mengundang dan meminta MPD melakukan revitalisasi terhadap komite, kemudian meminta disosialisasikan tentang TPMPS dan SPMI. Saya tidak tahu persis, apakah seluruh komite madrasah sudah mengikuti dan sesuai dengan petunjuk PMA Nomor 16 tahun 2020 tentang komite madrasah tambah Tsurayya.

Mengingat keberadaan komite di sekolah/madrasah merupakan unsur penting dalam membantu meningkatkan, memajukan dan penjaminan mutu pendidikan. Oleh sebab itu secara pribadi dan atas nama Ketua MPD Bener Meriah saya merasa salut sekaligus bangga kepada MIN 13 yang telah mengundang MPD secara khusus untuk memberi wawasan kepada warga MIN 13, mudah-mudahan pertemuan ini dapat menjadi mediator kerjasama antara MPD dengan MIN 13 dalam memajukan pendidikan pungkas Tsurayya.

Pengawas Madrasah Dra. Rosnizar yang berhadir dalam kesempatan itu mengatakan dengan kehadiran MPD di MIN 13 ini diharapkan dapat meningkatkan proses pendidikan MIN 13 dan kami ucapkan selamat kepada pengurus komite yang terpilih.

Dengan lengkapnya pengurus komite MIN 13 sesuai PMA No. 16 tahun 2020 tentu akan bekerja lebih maksimal lagi, kita harapkan juga dapat membantu MIN 13 ini sesuai dengan peran, funsi dan tugas komite dalam menunjang pendidikan MIN 13 Bathin Baru pungkas Rosnizar.

Sementara Kadarman, S. Pd ketua Komisi A MPD Bener Meriah yang berkesempatan hadir dalam acara tersebut mengharapkan agar komite yang telah tersusun sesuai PMA no. 16 tahun 2020 segera menyusun Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga (AD/ART) serta menyusun program kerja untuk tiga tahun ke depan

Sehingga keberadaan komite MIN 13 dalam membatu memajukan dan meningkatkan kualitas madrsah benar-benar dapat dirasakan oleh semua kalangan pungkas Kadarman.


(RA)