Notification

×

iklan dekstop

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Ratusan Anggota Kodim 0106/Aceh Tengah Laksanakan UTP Umum

Rabu, 20 Januari 2021 | 19.18 WIB Last Updated 2021-01-20T12:18:55Z



BerawangNews.com, Takengon - Ratusan anggota Kodim 0106/Aceh Tengah mengikuti uji terampil Perorangan (UTP) umum selama tiga hari kedepan, untuk meningkatkan profesionalisme Prajurit Kodim 0106/Aceh Tengah, Rabu (20/01/21)

Kegiatan yang digelar di lapangan apel Makodim setempat dibuka oleh Kapten Inf Suratin 0106/Ateng selaku selaku koordinator latihan, sedangkan penguji seluruh Danramil jajaran Kodim 0106.

Uji terampil perorangan ini bertujuan untuk menguji kemampuan perorangan yang dimiliki oleh setiap Prajurit sesuai dengan kecakapan SJM yang dimiliki, serta didapatkannya suatu data kulitatif yang valid tentang pemahaman dan penguasaan Prajurit terhadap pengetahuan dan ketrampilan umum, sesuai tingkat kecakapan untuk kepentingan pembinaan personel dan pembinaan latihan.

Tingkat kecakapan yang diujikan meliputi kecakapan dua sampai dengan tujuh materinya disesuaikan dengan tingkat ketrampilan masing-masing anggota seperti lima kemampuan teritorial antara lain sikap teritorial, lima kemampuan teritorial dan binter, Bhakti TNI, Binwanmil, Komsos, Sisrendal Binter, Ketatalaksanaan Binter, Ilmu Medan, Permildas, Tehnik Dasar Menembak, Wawancara, interogasi dan materi Mliter umum.

Koordinator Latihan Kapten Inf Suratin menjelaskan bahwa UTP tersebut kegiatan rutin tahunan dengan tujuan untuk mengetahui sejauh mana kemampuan dan ketrampilan masing-masing Prajurit sesuai dengan tugas pokok yang dibebankan kepadanya.

"Selain itu, untuk meningkatkan dan memelihara kemampuan perorangan guna mencapai kemampuan standar Prajurit Kodim 0106/Ateng kepada seluruh Prajurit sesuai dengan tingkat kecakapan 1 sampai dengan tingkat kecakapan 7," ujar Kapten Suratin.

Dikatakanya, Pembinaan Teritorial sebagai salah satu fungsi utama TNI AD yang sejajar dengan fungsi pertempuran dalam rangka menempatkan Binter sebagai salah satu fungsi utama.

"Maka dibutuhkan adanya kompetensi dari segenap personel yang bertugas di jajaran Satkowil khususnya para Babinsa sebagai ujung tombak pelaksanaan tugas pembinaan teritorial di lapangan," tuturnya.

Tambahnya agar seluruh peserta UTP baik penyelenggara maupun pelaku agar melaksanakan kegiatan UTP dengan sungguh-sungguh dan harus penuh rasa tangung jawab agar hasilnya lebih optimal.

(E.S)