Notification

×

iklan dekstop

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Kusuwindi Pemuda Dari Aceh Tengah Berhasil Membuat Produk Lokal Dari Olahan Minyak serai

Rabu, 30 Desember 2020 | 21.22 WIB Last Updated 2020-12-30T14:29:09Z

Kusuwindi Erwin

BerawangNews.com, Takengon -Kusuwundi Erwin pemuda Aceh Tengah salah satu alumni SMA 4 Takengon telah berhasil membuat produk lokal oil dari serai asli yang berkualitas. 

Kusuwundi Erwin yang akrab di sapa awun menceritakan pada Tahun 2017 merupakan awal popularitas hasil bumi minyak serai wangi ( citronella essential oil) di kota Takengon dan Kabupaten Bener Meriah, dikarenakan harga yg bagus untuk kemakmuran petani (Rp.350.000/kg) yang membuat warga berbondong-bondong untk menanam serai wangi. Yang akhir nya membuat harga minyak serai wangi menurun hingga Rp. 250.000/kg. Ungkap awun

Awun menjelaskan walaupun harga hasil bumi ini kian menurun semenjak akhir tahun 2019. Hingga saat ini, harga minyak serai wangi hanya stabil diangka Rp. 150.000 hingga Rp. 160.000 saja. Sebut awun

Awun juga bercerita tentang kasiat serai wangi Padahal penelitian hasil olahan daun serai wangi ini memiliki berbagai macam khasiat, seperti: 

1. Pengusir serangga alami

Citronella telah terdaftar sebagai penolak serangga di Amerika Serikat sejak tahun 1948.

Citronella bahkan mampu mengusir nyamuk Aedes aegypti, yang menyebarkan “demam berdarah.”

Menurut beberapa penelitian, Anda perlu kembali mengoleskan citronella oil setiap 30-60 menit untuk mempertahankan efektivitasnya sebagai pengusir serangga.

Kita dapat mengkombinasikan citronella oil dengan beberapa tetes minyak kelapa dan mengoleskannya ke tubuh seperti lotion.

Cara lain, larutkan beberapa tetes citronella oil dalam botol semport berisi air dan gunakan untuk menyemprot kulit atau pakaian Kita.

Menerapkan citronella oil langsung ke tubuh dianggap lebih efektif untuk memerangi serangga dibanding dalam bentuk lilin aromaterapi.

2. Anti-inflamasi dan Pereda Nyeri

Karena sifat antioksidan dan kemampuan untuk meningkatkan aliran darah, citronella sering digunakan sebagai pengobatan arthritis alami, khususnya untuk mengurangi nyeri yang terkait dengan masalah ortopedi seperti osteoarthritis dan rheumatoid arthritis.

Kombinasikan 2-3 tetes citronella oil dengan carrier oil seperti minyak kelapa dan pijatkan ke sendi dan otot yang bengkak, atau berendam dalam air citronella hangat untuk mengurangi pembengkakan dan nyeri.

3. Mengurangi Stres

Citronella oil (minyak sereh wangi) bermanfaat menenangkan pikiran dan berkontribusi mengurangi stres serta membuat tidur menjadi lebih nyenyak.
Anda bisa mendifusikan di rumah, memijatkan ke kulit atau menyemprotkannya ke sprei tempat tidur.

4.Pengharum Alami

Karena memiliki aroma bersih dan segar, mirip aroma lemon atau lemongrass, citronella merupakan bahan yang umum ditemukan dalam sabun, lilin, dupa, parfum dan kosmetik.

Anda dapat menghilangkan bau di rumah, pencuci piring, kulkas dan mesin cuci dengan mendifusikan atau menyemprotkan citronella oil yang telah dilarutkan dengan air.

5. Melemaskan Otot

Citronella oil (minyak sereh wangi) membantu meningkatkan aliran darah sehingga menurunkan kejang otot, nyeri, kram dan pembengkakan.
Coba pijatkan citronella oil yang telah dicampur dengan carrier oil ke otot yang sakit atau ke daerah perut untuk meredakan kram PMS.

6. Perawatan Kulit Alami

Selain mencegah gigitan serangga, penelitian menunjukkan citronella oil juga bisa membantu menyembuhkan dermatitis, mengobati eksim, memperlambat penuaan kulit, menyembuhkan bekas gigitan serangga dan mengobati infeksi jamur pada kulit.

Minyak ini juga mampu mempercepat penyembuhan luka, dan mungkin bermanfaat menanggulangi jerawat, menyingkirkan kutil, mengobati bisul dan menyembuhkan bintik-bintik pada kulit terkait usia.

Menggunakan citronella oil juga dapat membuat kulit tampak muda dan halus dan bahkan mengurangi kerusakan akibat paparan sinar matahari.

Kombinasikan sejumlah kecil citronella oil dengan minyak kelapa dan pijatkan ke wajah, atau tambahkan 1-2 tetes pada air mandi atau air pencuci wajah.

Sebagai obat rumah untuk jerawat, cobalah mengoleskan satu tetes citronella essential oil murni pada jerawat tiga kali sehari. Pastikan menggunakan kapas steril.

U.S. Environmental Protection Agency menyatakan citronella oil memiliki sangat sedikit toksisitas saat digunakan sebagai obat anti nyamuk yang dioleskan pada kulit.

U.S. Food & Drug Administration juga menganggap citronella oil secara umum aman saat digunakan secara topikal.

Bahkan, hampir tidak terdapat laporan efek samping serius selama periode 60 tahun penggunaannya legal citronella oil.

Citronella oil sudah terbukti sangat aman bahkan untuk anak-anak dan kebanyakan orang dengan kulit sensitif.

Oil dari minyak serai, produk Kusuwindi 

Meski begitu, tetap disarankan menggunakan citronella oil (minyak sereh wangi) dalam jumlah kecil untuk memastikan Anda tidak mengalami reaksi alergi seperti kemerahan, bengkak atau gatal-gatal.

Kini hasil bumi yang kaya manfaat ini dapat di peroleh disekitar kita dengan mudah, sebab tanoh gayo yang terkenal dengan salah satu penghasil kopi terbaik dunia, tak hanya terbaik dalam penghasil kopi, namun juga penghasil serai wangi dengan kualitas eksport. 

Awun mengajak seluruh pemuda gayo untuk bangkit berkarya tampa batas untuk memperkenalkan produk produk terbaik yg kita miliki .

Awun juga mengatakan pemuda adalah aset daerah yang memiliki semangat yang tinggi mari kita majukan daerah kita dengan berkarya melahirkan produk lokal yang berkualitas sehingga membuka lapangan pekerjaan dan tidak menjadi penonton di negeri nya sendiri tutur kusuwundi Erwin yang akrab di sapa awun .

(AM)