Notification

×

iklan dekstop

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Kasat Lantas BM AKP. Syabirin, SH, M. Si, Ajak Warga Sekolah Tingkatkan Didikasi Dan Loyalitas Terhadap Literasi

Rabu, 22 Juli 2020 | 11.56 WIB Last Updated 2020-07-22T04:56:18Z

Redelong - Patut dibanggakan seorang polisi dengan pangkat AKP memiliki didikasi dan loyalitas tinggi terhadap dunia literasi, hal itu terlihat dari buku yang dimiliki bukan hanya tentang lingkup tugasnya sebagai polisi, melaikan bacaan ringan seperti cerita pendek (cerpen), pusi maupun novel serta buku lainya semuanya menjadi pengisi waktu senggang atau diluar dinas.

AKP. Syabirin, SH, M. Si, yang saat ini bertugas sebagai Kasat Lantas Bener Meriah dan juga mahasiswa program Doktor di UNMER Malang itu mengajak seluruh warga sekolah di Bener Meriah untuk meningkatkan didikasi dan loyalitas terhadap literasi, hal itu disampaikan saat berbincang dengan Dosen IAIN Takengon Turham AG, S. Ag, M. Pd dan beberapa pegiat litrasi Rabu 22/072020 di Simpang Tiga.

Suami Dahrina, M. Pd itu menuturkan kecintaannya terhadap literasi sudah tumbuh sejak Sekolah Dasar (SD) di Lampahan, namun saat itu bahan bacaan belum banyak seperti saat ini. Sedih rasanya melihat bacaan begitu banyak tetapi pembaca di Bener Meriah masih belum maksimal.

Lebih lanjut Putra Gayo kelahiran Lampahan mengisahkan ketika memasuki SMP di Lampahan kecintaan terhadap literasi semakin menguat, namun buku-buku cerita dan lainya masih sangat langka, kalau seperti saat ini banyaknya buku waktu saya SMP pasti sangat menggembirakan jelas Dosen Maritim itu.

Baru setelah melanjutkan studi ke STM Negeri Bireuen dan S1 di UNMUHA Banda Aceh dapat bahan bacaan lumayan dan sudah dapat membaca koran, tambah alumnus program megister UNIDA Banda Aceh itu.

Hal ini saya ceritakan karena pak Turham AG sebagai Dosen dan teman-teman yang juga pencinta literasi pasti merasa iba melihat generasi kita di Bener Meriah kurang termotivasi tentang literasi, apalagi masa new normal ini sekolah belum begitu normal melaksanakan proses pembelajaran, Kedepan hendaknya program ini perlu digalakan dan menjadi perhatian serius punngkas mantan Wakasat Lantas Polresta B.Aceh

Turham AG, S. Ag, M. Pd dalam kesempatan itu memang saat ini tingkat keinginan membaca di Bener Meriah masih sangat lemah, apalagi menulis tentu masih sangat jauh. Semoga keinginan pak Kasat dapat terealisasi secara perlahan

Lebih lanjut Dosen IAIN Takengon itu mengatakan, memang kedengaran seperti terasa aneh, seorang kasat lantas peduli literasi yang bukan menjadi lingkup tugasnya. Namun jika ditilik dari keinginan kuat terhadap literasi wajar karir Kasat Lantas Bener Meriah terus meningkat.

Apalagi pak AKP. Syabirin,S.H.,M.Si selain kasat lantas beliau juga akademisi yang berprofesi sebagai Dosen di UNIDA dan Kampus Maritim Banda Aceh. Tentu profesi itu dijalankan diluar jam dinas sebagai seorang polisi yang kini menetap di Desa Mekar Ayu Lampahan Kecamatan Timang Gajah Kabupaten Bener Meriah. Sebagai putra Gayo asli Bener Meriah Patut kita berbangga hati terhadap beliau yang sangat mencintai dunia literasi sejak dari SD,

Melihat keteguhan hati pak AKP. Syabirin,S.H.,M.Si yang akan meraih gelar Doktor itu terhadap literasi, terlihat dari jenjang pendidikan dan karir yang diikuti. Berikut profil singkat beliau yang diperoleh dari hasil bincang-bincang

Nama AKP. Syabirin,S.H.,M.Si, tinggal di Desa Mekar Ayu Lampahan Kecamatan Timang Gajah Kabupaten Bener Meriah. Riwayat Dinas dan karir didiawali di Polres A.Besar 1994, Polresta B.Aceh 1998, PJR Polda Aceh 2006, Kasat Lantas Nagan Raya 2007, Kasat Lantas A.Selatan 2010, Humas Polda Aceh 2012, Kapolsek Peukan Bada Ajun 2013 A.besar, Wakasat Lantas Polresta B.Aceh2016 dan Kasat Lantas BM 2019 Sampai Sekarang.

Sementara pendidikan umum dan kepolisian yang pernah digeluti berawal dari SD Lampahan 1985, SMP Lampahan 1988, STM N.Bireuen 1991, S1 Unmuha B.Aceh 2001, S2 Unida B.Aceh 2017, S3 Unmer Malang Jatim 202. Adapun pendidikan di kepolisian adalah Seba 1993 Spn Seulawah dan Sepa 2006 Sukabumi Jabar. Pendidikan berkaitan dengan lingkup tugas yang sudah diikut adalah Dikjab Kasat lantas Serpong jkt 2007, Humas lanjutan Jaksel 2012, Penyidik laka lantas Mega Mendung 2917 dan Pelaitahn Transportasi Bogor

Kegiatan yang pernah dan sedang dijalankan AKP. Syabirin,S.H.,M.Si, selain sebagai kasat lantas adalah  Dosen Unida, Dosen Maritim, Ketua Alumni S2 unida, Koordinator Komunitas Motor FORBIKE Pelopor Aceh, Koordinator SERINEN TNI -Polri Gayo, Mantan SEK KNA B.Aceh 2012, Mantan Ketua 2 KNA B.Aceh 2014, Mantan Kepala Asrama Aceh Tengah B.Aceh dan Mantan KADUS Lamboro Skep B.Aceh 2009.

(JB)