Notification

×

iklan dekstop

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

HARGAILAH WANITA

Jumat, 10 Juli 2020 | 10.37 WIB Last Updated 2020-07-10T03:37:00Z






Oleh : Raiza Mulyana
Fak/Jur: hukum keluarga
Alamat Asal aceh selatan

Dalam hidup semua berhak untuk menghargai dan dihargai baik itu antara manusia dengan binatang, manusia dengan tumbuhan, maupun manusia dengan manusia. Dizaman sekarang tidak sema sifat ini diindahkan oleh setiap individu karena \banyak nya sifat manusia yang tidak saling menghargai di sesamanya baik itu kepada orang tua, sahabat, kerabat dan lain-lain. Dan juga sekarang banyak nya orang yang tidak menghargai yaitu wanita karna wanita sekarang kebanyakan bukan wanita yang bisa berdiam diri di rumah saja karena kadang wanita menjadi tulang punggung keluarga dengan begini banyak nya wanita yang pulang telat atau sering keluar itu menyebabkan masyarakat lain untuk memandang wanita tersebut. Sebenarnya wanita itu untuk di hargai bukan untuk di perbudak unutk bisa melakukan semua yang di kerjakan.

“Wahai lelaki,hargailah seorang perempuan kapanpun dan dimanapun kamu berada, sebagaimana kamu menghargai ibumu, saudara perempuanmu dan anak perempuanmu.” 

Jangan permainkan diri dan hati wanita sesuka hatimu, hargailah dia seperti kamu meghargai wanita-wanita tersayang yang ada disampingmu.Karena bagaimanapun kamu tidak akan suka dan tidak akan terima jika ibu, saudara perempuanmu, dan istri atau putrimu kelak sampai mendapatkan perlakuan yang sama dari lelaki lain.Sebab itulah sebelum karma itu sampai pada hidupmu berhentilah memperlakukan wanita dengan buruk, sebab jika kamu berlaku buruk maka Allah akan membalas perbuatanmu dengan sempurna.

Wanita merupakan suatu makhluk ciptaan Allah Swt yang begitu sempurna, dengan segala kelebihan dan kekurangan yang dimiliki, seperti halnya makluk ciptaan Allah lainnya. Tetapi pada hakikatnya seorang wanita merupakan seorang individu yang unik yang memiliki peranan lebih dan tersendiri dikehidupan ini. Seorang wanita dapatlah menempatkan posisinya baik itu saat menjadi anak, teman, kakak, isteri, ataupun menjadi ibu, wanita akan mampu melakukan sebaik mungkin posisi tersebut sesuai dengan apa yang terjadi pada kala itu. 

Mengenai beberapa karakteristik seorng wanita banyak orang berpendapat bahwa seorang wanita identik dengan sifat keibuan, manja, lembut. Kemunculan sifat keibuan biasanya muncul disaat anak sudah menginjak usia dewasa dan hal tersebut biasanya dipengaruhi oleh keluarga dan lingkungannya, kemudian untuk stereotipe wanita yang katanya manja hal tersebut biasanya dipengaruhi oleh lingkungannya dan anak yang manja biasanya cenderung cerewet dan terlalu bertele-tele dan seorang wanita biasanya terlalu menggunakan perasaannya dalam melakukan sesuatu sehingga mudah untuk merasakan hal yang orang lain alami (mudah baper), kemudian seorang wanita biasanya lebih senang saat diberi perhatian dengan rasa kasih sayang. 

Dalam Al-Quran juga terdapat surah yang didalamnya membahas tentang seorang wanita yaitu surah An-Nisa (wanita), dalam surah tersebut banyak menjelaskan mengenai kewajiban dan hukum-hukum yang berkaitan dengan seorang wanita. Selain itu dalam firman Allah pada surat Ath-Thalaq juga menjelaskan tantang wanita. Begitu banyaknya firman-firman Allah yang diperuntukkan untuk para wanita, sehingga begitu sempurnya seorang wanita sampai banyak disebutkan dalam firman Allah, tentunya dengan hukum-hukum yang berlaku sesuai dengan ajaran. 

Begitu mulianya seorang wanita, seperti halnya dalam firman Allah dalam Al-Qur’an, dalam hadis juga disebutkan “ al-Jannatu Tahta Aqdamil Ummahat” dari hadis tersebut dijelaskan bahwa surga berada dibawah telapak kaki ibu (wanita). Dengan adanya hadis tersebut hendaknya kita lebih untuk menghormati kepada seorang wanita, terutama kepada ibu atau orang yang lebih tua dari kita. Hormati, patuhi akan segala perintah ibu yang bersifat positif, ibulah yang telah mengandung selama 9 bulan, merawat mulai bayi usia 0 sampai dengan tumbuh dewasa, bahkan sampai sang anak menjadi seorang yang suksesKesuksesan seorang anak tidaklah terlepas dari peran seorang ibu dalam mendidiknya dan doa yang dipanjatkannya dalam setiap harinya. 

Jadi hargailah wanita dan Ingatlah wanita tersayang yang ada didekatmu, terlebih ibumu karena yang pasti kamu tidak akan terima jika ibumu sampai mendapatkan perlakuan yang tidak pantas dari lelaki manapun.Iya hargailah wanita sebagaimana kau menghargai ibumu, sebab wanita lainnya pun sama seperti ibumu juga, dia memiliki hati dan kehormatan yang sama.Hargailah wanita manapun sebagaimana kamu menghargai saudara perempuanmu, seperti kamu menghargai kakak dan adik perempuanmu, karena sungguh semua wanita hakekatnya sama, dia memiliki hati dan perasaan yang dengan mereka. 

Jika wanita yang kamu lukai, khianati, dan permainkan sakit hati maka pasti wanita yang kamu lindungi disampingmu juga akan merasakan hal sama jika lelaki lain memperlakukannya demikian. 

Hargailah wanita sebagaiamana kamu menghargai istrimu, tapi bagaimana jika belum menikah? Tetap saja kamu harus berpikir bijak, karena suatu saat nanti kamu juga akan serius hanya dengan satu wanita, yaitu istrimu. 

Kamu akan tetap menjadi seorang suami bagi istrimu, lantas jika ada yang lelaki lain yang tidak berlaku baik pada istrimu, dia menjatuhkan kehormatannya maka pasti kamu akan marah dan tdak akan terima. Dan juga Kesetaraan gender sekarang sudah mutlak menjadi kesepemahaman bersama, bahwa wanita sudah sama harkat dan martabaknya dengan kaum pria.Oleh sebab itu, di momen yang baik ini, kita flash back ke belakang bahwa begitu besar dan hebatnya perempuan yang mendampingi laki-laki dalam suatu kehidupan keluarga sampai ke tingkat suatu negara, oleh karena itu kita hargai, hormati dan sayangi mereka bahwa perempuan dan laki-laki sama saja.