Notification

×

iklan dekstop

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

BUMK Gegarang Dan KKN IAIN Takengon Gelar Pelatihan Kuliner

Selasa, 29 Maret 2022 | Maret 29, 2022 WIB Last Updated 2022-03-29T13:40:09Z



BerawangNews.com, Takengon - Secara letak geografis kampung gegarang berada ditepi danau Lut Tawar dengan mayoritas penduduknya bekerja sebagai nelayan didanau lut tawar, berpenduduk 53 kepala keluarga.

Sementara sebagian ibu rumah tangga tentunya mendukung usaha suami nya dengan bekerja sebagai pedagang ikan untuk memasarkan hasil tangkapan suaminya.

melihat potensi SDA dan SDM yang ada didesa tersebut mahasiswa IAIN dan BUMK (Badan Usaha Milik Kampung) menginisiasi pelatihan kuliner kerupuk depik sebagai upaya memperkaya khasanah dagangan ibu-ibu desa kedepannya.

Sahri Rizki salah satu mahasiswa KKN menyebutkan " potensi SDA danau Lut Tawar ini harus dapat kita kelola dengan baik, tentunya eksperimen ikan depik salah satu jalan dari banyaknya potensi sda yang dapat kita kelola dari danau yang indah ini.

kami melirik jalan Bintang-Takengon adalah arah tujuan wisata wisatawan lokal dan nonlokal terlebih lagi lintasan menuju gayo Lues dan kota cane. Kampung Gegarang dapat dijadikan salah satu tempat belanja oleh-oleh bagi wisatawan dengan modal SDA dan pasar desa yang sudah masyarakat gagasi tersebut.

Sementara itu sekretaris BUMK M. Michel mengatakan " kerupuk depik ini kita jadikan sebagai usaha bersama masyarakat desa melalui UMKM desa dibawah BUMK agar lebih mudah kita kelola dan awasi kualitas produk dan sistem pemasaranya"

Selain itu pelatihan tadi pagi dibumbui oleh tenaga ahli yaitu Leni Agustina Daulay, M.Pd

(Juan)