Notification

×

iklan dekstop

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

FKUB Aceh Utara Gelar Raker, Usung Tema "Memahami Moderasi Beragama"

Sabtu, 10 April 2021 | 12.38 WIB Last Updated 2021-04-10T05:39:33Z



BerawangNews.com, Aceh Utara -- Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kabupaten Aceh Utara Provinsi Aceh, selenggarakan rapat kerja (Raker) dalam rangka menyusun program kerja tahun 2021 di Balai Al - Ikhlas Kantor Kementerian Agama Kabupaten setempat, pada Kamis lalu (08/04/21) pagi.

Sekretaris FKUB Aceh Utara Shaifuddin Fuady, S.Ag, MA menjelaskan bahwa Raker ini dimaksudkan untuk menyusun sejumlah program dan kegiatan FKUB selama satu tahun yang akan datang.

Raker yang dihadiri dari semua anggota dan pengurus FKUB Kabupaten Aceh Utara telah berhasil menyusun sejumlah program dan kegiatan FKUB satu tahun yang akan datang.

Kepala Kantor Kementerian Agama (Kankemenag) Aceh Utara H. Salamina, MA dalam sambutannya mengatakan bahwa bangsa Indonesia adalah masyarakat beragam budaya dengan sifat kemajemukannya, keragaman mencakup perbedaan budaya, agama, ras, bahasa, suku, tradisi dan sebagainya.

“Moderasi beragama adalah cara pandang kita dalam beragama secara moderat. Oleh karena itu FKUB dan tokoh agama berperan besar dalam pembangunan bangsa untuk menciptakan kerukunan dengan suasana aman dan damai sebagai langkah menuju kerukunan antar umat beragama”ungkap H. Salamina.

Raker yang mengambil tema “Memahami Moderasi Beragama” dimaksudkan untuk memahami pengertian dari moderasi beragama yang merupakan program Nasional oleh Menteri Agama (Menag) RI Yaqul Qholil Qoumas.

Sementara itu, Kasubbag TU Kankemenag Aceh Utara Drs. H. Jamaluddin, M.Pd dalam kesempatan tersebut mengatakan untuk kedepan FKUB Aceh Utara juga dapat memberikan kontribusinya di sekolah sekolah menengah atas.

"Semoga kedepan kita juga dapat berhadir memberikan kontribusi di sekolah-sekolah, seperti program FKUB Go to school yang sudah berjalan, walau hanya sedikit tapi bermakna, dan tahun ini ditambah lagi program untuk menjadi sebagai pembina upacara'" imbuhnya.

Hal senada disampaikan oleh Kasi Bimas Islam H. Asnawi, S.Ag, M.Sos tentang rencana studi banding FKUB Aceh Utara ke daerah lain yang sempat tertunda.

"Program studi banding yang sempat tertunda yang telah kita rencanakan sebelumnya, semoga kedepan dapat berjalan dengan tujuan untuk menambah wawasan dan pengetahuan yang akan diterapkan kedepannya untuk menjadi lebih baik lagi" ujar nya.

Adapun Ketua FKUB Aceh Utara H. Ismail mengatakan, tujuan digelarnya rapat kerja ini dalam rangka membangun konsolidasi organisasi dan penguatan kerjasama yang sinergis antar pengurus FKUB serta menyusun program kerja dan kegiatan Tahun 2021.

“Sudah barang tentu strategi membangun sinergi dalam keragaman dan keberagamaan di masyarakat akan terus dilakukan oleh FKUB dalam setiap kesempatan,” ujar H. Ismail.

Acara tersebut berlangsung dengan khidmat dan ditutup dengan do'a yang di bacakan langsung oleh Ketua FKUB Aceh Utara Tgk. H. Ismail.

(JB)