Notification

×

iklan dekstop

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

RMB Bike Camp & Arung Jeram

Senin, 29 Maret 2021 | 10.06 WIB Last Updated 2021-03-29T03:06:29Z



BerawangNews.com, Redelong- Redelong Mountain Bike (RMB) melakukan Gowes Lintas Alam pada tanggal 27 – 28 Maret 2021, start di Simpang Tiga Redelong dan Finis sertamenginap di desa Tembolon, kegiatan ini didukung penuh oleh SAR Bener Meriah, selama di tembolon RMB bersama SAR Bener Meriah lakukan latihan Resceu di dalam air, menurut ketua SAR Bener Meriah bapak Ir. Suterisno RMB adalah potensi relawan SAR yang cukup bagus karena RMB adalah komunitas Sepeda yang sering berada di alam, sehingga dapat di jadikan sebagai sumber informasi jika terjadi bencana Alam bahkan bisa menjadi pihak yang bisa melakukan pertolongan pertama, apabila anggota RMB sudah memiliki pengetahuan dasar tentang apa yang pertama kali yang harus dilakukan apabila kita berada di lokasi kejadian contohnya pernah terjadi orang tenggelam di daerah wisata seperti di aliran sungai tembolon ini.

Dalam latihan ini bapak ketua SAR Bener Meriah Ir. Suterisno di dampingi oleh Sekretaris SAR Bener Meriah bapak Julianto dan di bantu oleh Tim Resceu Air yang membidangi Pencarian dan Penyelamatan Korban di dalam Air. Dalam penyampaian materi latihan pertama yaitu pertolongan pertama pada korban tenggelam bapak Julianto menyampaikan apa yang harus dilakukan dan ada beberapa hal yang tidak boleh dilakukan tetapi hal ini banyak dilakukan oleh masyarakat awam, sehingga niat baik untuk menolong korban tenggelam akhirnya nya menjadi hal yang sangat berbahaya bagi korban. Materi kedua adalah latihan penyelamatan di dalam air dengan media aliran sungai Tembolon anggota RMB sangat antusias melakukan latihan mengendalikan perahu karet untuk misi pencarian dan penyelamatan, dengan di bekali teori bagaimana cara mengendalikan perahu karet yang menuntut kekompakan dalam mendayung dan anggota RMB juga di bekali alat keselamatan di dalam air seperti Pelampung, helm dan perahu karet yang sesuai dengan standar Nasional.


Untuk menuju lokasi si kampung Tembolon Kecamatan Syiah Utama anggota RMB berangkat dengan Sepeda melalui (empat) kecamatan yaitu Bukit, Bandar, Mesidah dan Syiah Utama dengan Jarak tempuh 44 km dengan waktu tempuh kurang lebih 5 jam perjalanan dengan star di mulai di Simpang Tiga Redelong - Pondok Gajah - Pondok Baru - Pondok Ulung - Cemparam - Sosial - Wer Tingkem - Tembolon.

Dalam kegiatan ini RMB dan SAR Bener Meriah melakukan Camping di pinggir sungai Tembolon dengan perlengkapan tenda SAR Bener Meriah dan Tenda mini Anggota RMB dengan rangkaian acara ramah tamah dan perkenalan diri dari masing-masing anggota RMB dan SAR Bener Meriah untuk saling mengenal dan untuk menjaga kekompakan antara RMB dan SAR Bener Meriah.

Tentang RMB

Redelong Mountain Bike (RMB) adalah komunitas sepeda yang berdiri sejak tahun 2014 yang didirikan oleh Irfan Gunadi dan Fadli, sampai saat ini RMB sudah memiliki 65 anggota yang aktif dan sering mengikuti even2 sepeda di Aceh dan Sumatra dan RMB sudah tergabung di dalam GAS (Goweser Aceh Sumatra) yang mempunyai anggota teridiri dari komunitas sepeda seluruh Aceh dan Sumatra. Jenis sepeda dalam komunitas RMB ini adalah MTB (mountain bike) karena sangat cocok untuk daerah pengunungan dengan medan yang naik turun perbukitan. Anggota RMB terdiri dari para pecinta sepeda gunung yang berada i Kabupaten Bener Meriah dengan Sekretariat di Pasar Simpang Tiga Redelong.

(ASB)