Notification

×

iklan dekstop

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

KRISIS EKONOMI MENANTI JIKA NEW NORMAL TIDAK DIMULAI SEJAK DINI

Senin, 22 Juni 2020 | 14.43 WIB Last Updated 2020-06-22T07:43:29Z


Oleh : Tajul Iflah 
Mahasiswa fakultas syariah dan hukum universitas Islam negeri Ar raniry


Pandemi covid-19 hingga saat ini masih melanda di sebagian beberapa negara di dunia, terutama di Indonesia, oleh sebab itu, sebagian negara di dunia menerapkan aktifitas di rumah saja, baik bekerja, belajar, kuliah, sekolah dan lain sebagainya. Penerapan Aktifitas di rumah saja bisa merubah dunia menjadi sepi, apalagi dalam hal perekonomian, tidak selamanya kita bisa menerapkan aktifitas dirumah saja, mengingat kita semua harus bekerja, sedangkan dirumah kita belum tentu bisa bekerja.

Penerapan New Normal, new normal merupakan perubahan perilaku untuk tetap menjalankan aktifitas di rumah saja, atau disebut dengan aktifitas normal seperti biasanya. Ditambah lagi dengan protokol kesehatan untuk mencegah terjadinya penularan covid-19. Kondisi new Normal segera diterapkan di Indonesia, bahkan negara-negara lain di dunia pun sudah menerapkan new normal, penerapan new normal di Indonesia diterapkan dengan cara memakai masker disetiap kegiatan, rajin mencuci tangan pakai sabun, dan tentunya selalu menjaga jarak.

Dengan diterapkannya new normal, sejumlah daerah pun mengatakan bahwa mereka belum siap dengan penerapan new normal tersebut, mengingat kasus corona pun semakin meningkat di Indonesia, penerapan new normal salah satu tujuannya untuk menggerakkan kembali perekonomian Indonesia yang lumpuh selama beberapa bulan terakhir. Dengan penerapan New Normal ini pemerintah berharap perekonomian di Indonesia kembali pulih, namun disisi lain pemerintah juga tetap berupaya untuk menghentikan peneyebaran covid-19 ini dan berhati-hati dalam mengahadapi keadaan new normal ini. Sejumlah orang pun kehilangan pekerjaannya dan sulit untuk mendapatkan pemasukan dikarenakan mereka hanya dirumah saja, mereka sangat membutuhkan bantuan dari para pemerintah untuk mengatasi perekonomian mereka, membantu meringankan beban ekonomi mereka, seperti halnya bantuan makanan maupun uang tunai.

Indonesia sedang dihantam gelombang pandemi, sehingga Indonesia pun bisa dikatakan banyak mengalami kerugian, kebangkitan Indonesia dalam hal perekonomian sangat bergantung kepada pemerintah mengingat pemerintah yang membuat aturan masyarakatnya untuk dirumah saja, sehingga banyak masyarakat yang tidak bisa bekerja dirumah saja, masyarakat berharap kepada pemerintah untuk sama-sama bangkit dalam keterpurukan ekonomi ini, dengan cara penerapan new normal, jaga jarak, jaga kesehatan, selalu cuci tangan dan tentunya memakai masker di setiap kegiatan, dengan diterapkannya new normal ini, besar kemungkinan Indonesia bangkit dari keterpurukan ekonomi dan bisa mengembalikan perekonomian masyarakat-masyarakat Indonesia. Bagi masyarakat yang terkena covid-19 sekiranya mereka belum bisa menjaga jarak sehingga semakin meningkatnya masyarakat yang terkena covid-19 di Indonesia ini.

Masyarakat Indonesia harus patuh dengan protokol kesehatan untuk memutuskan rantai penyebaran covid-19 ini, pandemi ini sangat berdampak buruk bagi perekonomian Indonesia, terutama pada sektor transportasi umum, sektor pariwisata dan sebagainya. new normal ini memang harus dilakukan untuk memulai kembali perekonomian di Indonesia, sehingga jika new normal ini terus berlanjut besar kemungkinan perekonomian Indonesia akan segera dapat diperbaiki.