Notification

×

iklan dekstop

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Adat Budaya Harus Dikembangkan Dan Dipertahankan

Rabu, 24 Juni 2020 | 09.12 WIB Last Updated 2020-06-24T02:12:47Z

Oleh Ridha Fatwa
Prodi Hukum Keluarga
Fakultas Syariah dan Hukum
UIN Ar-Raniry Banda Aceh*

Seluruh dunia tak bisa menyangkal, bahwa Indonesia merupakan bangsa yang kaya akan budaya, ratusan bahkan mungkin ribuan, baik budaya yang berupa benda maupun tak berwujud benda. Wayang, batik, keris, tari-tarian, alat musik tradisional daerah, bangunan bersejarah, lagu-lagu daerah dan lain sebagainya itu semua merupakan warisan budaya yang tak ternilai harganya. Kita harus bangga dan harus tetap melestarikan budaya supaya tidak sirna dan ditelan oleh modernisasi.

Warisan budaya itu semua adalah cerminan, bahwa leluhur kita bangsa Indonesia memiliki kecerdasan yang luar biasa dalam menciptakan karya budaya beserta simbol-simbol filosofinya.

Penulis yakin, bahwa ini semua untuk diwariskan kepada anak cucunya, kita semua di jaman milenial ini. Kita boleh ikut modernisasi tapi juga ada yang tidak boleh memodifikasi yaitu adat, budaya dan kultur, maka itu kita pertahankan.

Peradaban yang disebarkan oleh dunia barat telah mengacu terhadap segala hal, dan hal itu telah menguasai dunia tak terkecuali bangsa Indonesia, saat ini secara perlahan mulai mengikuti kebudayaan bangsa barat. Kebudayaan barat masuk ke Indonesia disebabkan oleh beberapa hal, salah satunya adalah kerana adanya krisis globalisasi yang telah meracuni sebagian besar masyarakat Indonesia.

Seiring berjalannya waktu yang begitu cepat dimana pengaruh  tersebut menimbulkan terjadinya goncangan social atau culture shock. Budaya barat yang masuk ke Indonesia menimbulkan multi efek. Perkembangan teknologi dan masuknya budaya barat ke Indonesia, tanpa kita sadari secara perlahan telah merusak kebudayaan bangsa Indonesia.

Rendahnya pengetahuan menyebabkan akulturasi kebudayaan yang tidak sesuai dengan nilai-nilai luhur yang terkandung didalam kebudayaan bangsa Indonesia.

Di generasi muda Indonesia saat ini minat untuk memperlajarinya adat budaya kurang. Millenial lebih tertarik belajar kebudayaan asing. Salah satu faktor penyebabnya adalah kurangnya informasi kekayaan yang dimiliki Bangsa Indonesia. Padahal Indonesia memiliki tujuh warisan budaya, tiga di antaranya warisan budaya dunia.

Ataukah budaya luar lebih menarik daripada budaya Indonesia sendiri ? Jawabannya tentu saja tidak !! Kita harus sadar bahwasanya budaya kita lebih unik dan lebih fenomenal dari budaya lain. Kita hanya saja perlu improve budaya kita agar terekspos dimata dunia.

Contohnya saja yang baru-baru ini viral yaitu Lathi karya Weird Genius dimana mereka itu merupakan anak bangsa yang memperkenalkan budaya jawa melalui lagu tersebut. Dilirik dan bahkan dipelajari oleh orang-orang yang sebelumnya belum mengenal budaya Indonesia.

Artinya budaya kita hanya saja kurang kita tunjukkan, kurang kita munculkan ke permukaan. Secara umum bila kita lihat dari react mereka, kebanyakan menyebut budaya Indonesia ini merupakan budaya yang sangat unik sekali. Sedikit demi sedikit beberapa diantaranya sudah mulai diperkenalkan oleh anak bangsa kepada dunia seperti batik, Tari Saman dari Aceh, dan beberapa lainnnya.

Seharusnya dengan teknologi saat ini, mampu kita manfaatkan untuk improve dan memperkenalkan kepada dunia inilah budaya kita, budaya bangsa Indonesia.

Mencintai dan melestarikan budaya asli bangsa Indonesia mestinya tak menghalangi kita dalam belajar ilmu sampai di negeri manapun. Di Perancis misalnya, mahasiswa Indonesia bisa memperkenalkan budaya Indonesia di negeri yang terkenal fashionnya ini melalui baju batik misalnya.

Pola hidupnya pun tak perlu berubah, tetap memegang nilai-nilai budaya Indonesia, dan tak perlu hingar-bingar mengikuti budaya asing. Memelihara dan mengembangkan budaya nasional sebagai jati diri bangsa dengan cara mengirimkan misi kebudayaan dan kesenian dari suatu daerah keluar negeri.

Bukan perkara yang sulit menyisipkan sedikit budaya kita di berbagai kegiatan yang dilakukan. Selain itu, dapat dilakukan dengan menayangkan dan menyiarkan kebudayaan dan kebudayaan nasional melalui berbagai media, mengadakan seminar membahas kebudayaan daerah sebagai budaya nasional, serta pelestarian dan pewarisan dan pewarisan daerah yang dapat mendorong persatuan dan kesatuan bangsa.

Marilah sama-sama kembangkan dan pertahankan adat budaya bangsa Indonesia.